Sebuah program pelatihan dengan metode supercamp untuk mempersiapkan siswa-siswi menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun dunia kerja dengan lebih siap. Materi – materinya adalah seputar pengetahuan potensi diri, tanyangan dunia masa kini dan karakter apa yang harus dimiliki oleh peserta agar mereka siap dan menang dalam persaingan. .

NDM mengenalkan satu konsep metode pelatihan pembentukan karakter yang kami sebut dengan NDM Supercamp. Pelatihan ini kami laksanakan dengan dua paket paket yang pertama adalah paket selama 2 hari satu malam dan paket yang kedua adalah paket 3 hari dua malam. Sebelum kami sampaikan kons -ep dari supercamp ini kami sampaikan loso dasar dari pelatihan pembentukan karakter ini. Berbicara te -ntang perubahan karakter maka kita akan berbicara tentang kesadaran diri. Maksudnya adalah bahwa karakter seseorang itu akan berubah ketika orang tersebut telah memiliki kesadaran diri yang kuat. Kesa -daran diri ini yang akan menentukan seseorang memilih dan menentukan langkah dalam kehidupannya. Mereka akan mampu memilih yang benar dan yang salah, mereka akan mampu memilih yang kurang manfaat dengan yang lebih bermanfaat atau paling bermanfaat. Termasuk mereka harus melakukan sesuatu dengan segera atau tidak. Bahasa lainnya adalah seseorang yang memiliki kesadaran dirinya dengan kuat maka dia akan matang atau dewasa. Orang tua pastinya akan tenang ketika mempunyai anaknya yang sudah memiliki kematangan dan kedewasaan ini. Tanpa pengawasan pun orang tua sudah yakin dan merasa aman atas apa yang sedang dan akan dilakukan oleh anaknya.

www.nusadayamulia.com

Banyak pertanyaan yang muncul, apa iya dengan dua atau tiga hari dalam pelatihan ini kesadaran diri sese orang bisa berubah? Jawabannya adalah bisa. kami menyampaikan ini berdasarkan fakta-fakta dan dan data. Sejauh tim kami melakukan konsep supercamp ini pada instansi perusahaan, dari evaluasi level 3 yang kami lakukan, evaluasi ini adalah penilaian dari pengguna jasa kami yang melakukan evaluasi kepada peserta setelah mengikuti program pelatihan ini dan mengikuti ritual ritual apa yang harus mereka lakukan setelah selesai mengikuti pelatihan ini, para peserta mengalami perubahan yang signikan dari perilaku dan karakternya. Apa yang dilakukan dalam supercamp ini kepada para peserta sehingga supercamp ini mampu membuka dan meningkatkan kesadaran diri dari pesertanya ? Kami meyakini bahwa setiap manusia itu terdiri dari beberapa aspek potensi dan dimensi. Dimensi yang pertama adalah dimensi sik, yang kedua adalah mental, yang ketiga adalah emosi dan yang keempat yang terakhir adalah dimensi spiritual. Kami mengelola sedemikian rupa dengan metode metode pelatihan yang efektif yang memanfaatkan keempat potensi dari setiap peserta. Dimensi sik misalnya, kita libatkan peserta dengan aktitas yang mengharuskan mereka bergerak, bekerja, berjalan, berlari, merayap, naik pohon dan sebagainya. Kita kombinasikan dengan dimensi mental, kita ajak peserta untuk berkir tentang sesuatu, memecahkan masalah, merumuskan perencanaan, mengevaluasi sebuah proses dan akan melakukan hal apa lagi agar kinerja menjadi meningkat. Juga kita kombinasikan dengan dimensi emosi, bagaimana karakter seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain, bagaimana mereka mensikapi ketika kesal atas sebuah kegagalan, gembira atas sebuah keberhasilan dan seterusnya. Dan yang terakhir ini adalah bagaimana kita libatkan spiritual, keyakinan dari masing – masing peserta untuk melengkapi kombinasi ketiga dimensi sebelumnya. . Sasaran dari program ini adalah sebagai berikut :

Team Building, Leadership, Communication, Problem Solving, Quality Proces, Dicipline, Caracter Building Phisical Aspect, Mental Aspect, Emotional Aspect, Spiritual Aspect, Self Awarenes

NAMA PROGRAM

Nama Program ini adalah SUPER CAMP dengan tema MENCETAK GENERASI CALON, .

PEMIMPIN BANGSA YANG BERDAYA SAING TINGGI DAN BERKARAKTER MULIA

SASARAN KEGIATAN

Siswa – siswi SLTP Sederajat dan atau SLTA Sederajat

www.nusadayamulia.com

TUJUAN PROGRAM

Tujuan dari Super Camp :

  1. Melatih kedisiplinan diri peserta, mulai dari disiplin waktu, disiplin berpakaian, disiplin dalam hal makan, disiplin terhadap instruksi, disiplin mengikuti program
  2. Melatih tanggung jawab diri peserta dengan metode pelatihan pelatihan yang detil pada setiap sesi program
  3. Meningkatkan kesadaran peserta tentang organisasi dan kepemimpinan dalam organisasi, khususnya adalah organisasi kesiswaan
  4. Memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola organisasi kesiswaan, manajemen kegiatan, manajemen rapat, manajemen proposal dan manajemen laporan kegiatan
  5. Melatih daya nalar dan daya kritis peserta dengan metode Focus Group Discussion (FGD) pada topic topic kekinian
  6. Melatih mengelola anggota dengan PBB (Peraturan Baris Berbaris), PUDD (Peraturan Urusan DInas Dalam) dan TUS (Tata Upacara Sekolah)
  7. Meningkatkan kesadaran diri peserta untuk merubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak setelah mengikuti rangkaian program.

WAKTU DAN WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan ini insyaallah akan dilaksanakan pada:

Hari Tanggal Tempat

: Sabtu – Minggu
: Akan ditentukan oleh client

DESKRIPSI ACARA

1.

Kerangka Program

Program SuperCamp ini dikemas dengan pendekatan seluruh dimensi peserta, yaitu sik, emosi, mental dan spiritual peserta.

Tahapan dalam Program SuperCamp ini adalah dengan empat tahap :

Tahap Perencanaan, pada tahap perencanaan ini Tim NDM bersama dengan YBM PLN akan merumuskan tujuan dan sasaran dari program SuperCamp. Termasuk dalam tahap ini adalah memetakan calon peserta sesuai dengan klasikasi yang sudah sesuai dengan standar program NDM. Setelah melakukan assessment program, tim NDM selanjutnya membuat design dan rencana program sampai pada rencana pembelajaran dalam bentuk susunan acara berikut kebutuhan tim dan sarana nya.

Tahap persiapan, pada tahap ini Tim NDM akan menyampaikan kepada lembaga dan peserta terkait dengan tata tertib pelatihan, barang yang harus di bawa, susunan acara dan gambaran program termasuk penugasan pendahuluan untuk peserta.

Tahap pelaksanaan, pada tahap ini, program akan di bagi menjadi tiga tahap yaitu fase pembentukan, fase pengisian dan fase pemantapan. Penjelasan fase fase ini dalam materi program pada poin 2.

Tahap Evaluasi dan Laporan. Pada tahap ini NDM akan memberikan evaluasi dan laporan terkait dengan pelaksanaan program kepada Lembaga. Berikut dokumentasi dokumentasi selama kegiatan.

www.nusadayamulia.com

2.

Materi Program

Fase Pembentukan, pada fase ini dimulai peserta datang ke lokasi dilakukan halang rintang untuk menempa sik dilanjutkan dengan doktrinasi untuk “Shocking Mentallity” peserta sebelum upacara pembukaan. Metode ini dilakukan untuk mengkonrmasi “penyakit – penyakit” peserta sesuai dengan hasil assessment pada tahap perencanaan. Selanjutnya setelah ketemu dan terlihat “penyakit” nya diberikan Obat sesuai dengan “dosis” masing – masing. Acara dilanjutkan dengan Upacar bendera dan berpoto bersama dengan Unsur pimpinan sekolah. Fase pembentukan ini dilakukan sampai selesai makan siang dan ibadah terpimpin. Makan dan ibadh pun dilaksanakan dengan terpimpin, rapi dan teratur untuk melatih kedisilinan dan tanggung jawab.

Fase Pengisian, pada fase ini peserta diisi dengan materi materi yang menjadi sasaran dari program. Mulai

visualisasi cita – cita, semangat belajar, materi kerja keras doa dan tawakal, kedisiplinan dan juga materi – materi bekal kesiapan untuk menapaki masing – masing rencana masa depan peserta, dari yang ingin melanjutkan pendididikan sampai jenjang tertinggi dan juga untuk mereka yang siap dalam dunia profesional pekerjaan. semua dikemas dalam materi – materi dan juga simulasi FGD (focus discusion group) yang akan merangsang peserta untuk aktif dan semangat

Fase pemantapan, fase ini bertujuan untuk mengokohkan motivasi peserta agar melaksanakan dan mengamalkan nilai nilai yang baik selama pelatihan, setelah keluar dari program pelatihan, fase ini di awali dengan Spiritual Journey, perjalanan spiritual, dengan menggunakan pendekatan Kontemplasi (ESQ Model). Solat Tahajud dan solat lima waktu bagi peserta muslim dan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing – masing, untuk peserta non muslim. Pada hari kedua dilakukan Experimental learning sebagai sarana untuk mengimplementasi materi materi organisasi dan kepemimpinan yang didapatkan dalam fase pengisian. Outbound training yang digunakan dikemas sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan sekolah. Acar diakhiri dengan testimony, sosiometri dan upacara penutupan.

3. Pembicara

– Nur Saudi, ST, MM sebagai Master Trainer CV Nusa Daya Mulia dan Deputy General Manager HROD PT. Ricobana Abadi (Mining Contractor)

– Fasilitator dan Tour Leader NDM yang sudah mendapatkan pelatihan dan sertikasi dari NDM namupun Lembaga pemberi sertikasi dalam pelatihan

SUSUNAN ACARA

Hari 1

07.00 – 10.00 : Perjalanan ke Lokasi
10.00 – 10.30 : Penyambutan Perserta, Welcome Drink
10.30 – 12.00 : Fase Pembentukan & Pembukaan (Doa, menyanyikan lagu indonesia

raya, sambutan)+ Check in + Ice Breaking 12.00 – 13.00 : ISHOMA + Kultum

13.00 – 15.00 : Materi I
15.00 – 15.30 : Break + Sholat + Kultum 15.30 – 17.00 : Materi II
17.00 – 19.30 : ISHOMA +Kultum
19.30 – 20.30 : Materi III
20.30 – 22.00 : Kontemplasi
22.00 – 00.00 : Istirahat

www.nusadayamulia.com

Hari 2

03.30 – 04.30 : Qiyamullail
04.30 – 05.30 : Sholat + Kultum
06.00 – 07.00 : Senam Pagi
07.00 – 07.30 : Sarapan
07.30 – 10.00 : Outbound Training
10.00 – 11.30 : Materi penutupan dan Penutupan 11.30 – 12.30 : Sholat + kultum + Chek Out
12.30 – 14.00 : testimony, Sosiometri dan Penutupan 14.00 – selesai : perjalanan kembali Jakarta

INVESTASI

Investasi kegiatan ini sebesar Rp 375.000,00 – Rp. 500.000 untuk setiap peserta. Biaya ini untuk semua biaya jasa program, fasilitator, trainer, Peralatan Outbound, Dokumentasi, laporan, Kertas Kerja, sarana Pelatihan, Transportasi, Sewa Lokasi dan Konsumsi Peserta. Investasi per peserta akan ditentukan sekolah sesuai dengan lokasi dan fasilitas fasilitas lain yang di kehendaki.